Minggu, 08 November 2015

Peran Industri Rumah Tangga, “ Local Economi “, Dalam Pertumbuhan Perekonomian Bangsa

Dewasa ini, kita telah dihadapkan oleh berbagai macam dinamika-dinamika baik itu diranah politik, ekonomi, sosial bahkan budaya dan salah satu diantaranya yang sangat berperan penting terhadap perkembangan suatu bangsa ialah perekonomiannya. Dimana kita dapat mengetahui bahwa bangsa ini telah dihadapkan dengan berbagai macam sistem ekonomi baru yang pada dasarnya kurang besinergi dengan ekonomi lokal yang telah lama dianut oleh masyarakat kita.
Begitu pentingnya sistem yang digunakan sebab salah satu pilar atau penopang didalam menumbuhkan perekonomian suatu bangsa ialah tergantung kepada sistem ekonomi apa yang digunakan oleh bangsa tersebut serta sejauh mana maksimalisasi sistem tersebut diberlakukan didalam lingkungan masyarakat, karena suatu sistem ekonomi yang baik itu tergantung kepada bagaimana pengelolaannya dan juga sejau mana sistem tersebut dapat bersentuhan dengan masyarakat.
            Peran pemerintah didalam menyusun suatu regulasi tentang pengembangan sentra-sentra industri perekonomian yang berskala mokri ini terutama dalam bidang industri rumah tangga yang sifatnya terlalu lamban dan manual, juga sangat penting. Sebab industri rumah tangga sangat berkontribusi terhadap pengembangan produk-produk local yang dimiliki oleh masing-masing wilayah terutama untuk bangsa ini.
            Berbagai macam suku dan budaya yang tersebar diseluruh tanah indonesia, mulai dari sabang sampai kemerauke menyimpan berbagai macam olahan-olahan sumberdaya local oleh industri-industri rumah tangga yang memiliki nilai jual tinggi, baik itu dari segi kuliner bahkan sampai kepada wilayah-wilaya yang memiliki wisata alam yang berkualitas, apabila pemerintah menyadari hal tersebut dan memberikan wadah kepada masyarakat untuk mengelolahnya.
            Walaupun ada beberapa wilayah-wilayah yang memiliki industri rumah tangga telah menerima sentuhan dari pemerintah, akan tetapi masih kurang berperan penting terhadap pertumbuhan perekonomian indonesia sebab proses perekonomian yang terjadi dan dapat kita saksikan saat ini masih dibawah kontrol industri-industri berskala makro yang berkiblat kepada sistem okonomi kapitalis.
            Hal tersebut telah menjadi lumrah dimata kita sebab berbagai macam perangkat hukum indonesia lebih tertuju kepada industri-industri yang berskala makro itu dan melupakan potensi usaha-usaha industri rumah tangga yang mengelolah produk-produk lokal.
            Apabila kita kembali menelisik lebih dalam sumbangsih industri rumah tangga terhadap pertumbuhan perekonomian yang ada, maka dapat dijumpai suatu kontribusi yang sangat besar pula yang sangat diberikan terhadap bangsa ini. Dimana dengan adanya industri rumah tangga tersebut juga dapat mengurangi angka pengangguran yang terjadi dan bahkan dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat didalam sumberdaya Alam yang ada tampa merusak lingkungan, baik itu didarat maupun di air.
            Dengan adanya industri rumah tangga yang tersebar dimasing-masing wilayah indonesia juga akan mengurangi angka kemiskinan sebab industri ini menyediakan lapangan pekerjaan terhadap masyarakat yang tidak memiliki jenjang pendidikan yang ada. Bahkan dengan adanya industri rumah tangga ini juga dapat menumbuhkan tingkat kreatifitas masyarakat sekitar.
            Kemiskinan dan pengangguran merupakan suatu dilematik tersendiri buat bangsa ini sebab berbagai macam cara dan regulasi diramu oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut namun masih belum menunjukan penurunan yang signifikan dan bahkan setiap tahunnya malah bertambah terutama terhadap wilayah-wilayah pinggiran kota-kota besar.
            Maka dari itu dengan adanya usaha-usaha industri rumah tangga ini, diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran yang ada. Terlepas dari kesemuanya itu, juga diharapkan kepada pemerintah agar kiranya jangan hanya memperhatikan industri-industri yang berskala makro sedang yang berskala mikro terabaikan karena bagaimanapun juga industri rumah tangga juga merupakan suatu perangkat ekonomi yang sangat berperan terhadap pertumbuhan perekonomian bangsa ini.

            Sehingga apabila angka kemiskinan dan pengangguran dapat teratasi, maka secara tidak langsung pertumbuhan perekonomian terhadap masing-masing wilayah juga akan meningkat. Karena dengan adanya lapangan pekerjaan yang cukup dan peluang usaha yang baik maka tidak bisa kita pungkiri bahwa suatu mekanisme pasar yang baik akan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar